Penyakit Gigi dan Mulut Yang Berhubungan Dengan Kesehatan Umum

16.07 Unknown 0 Comments

Perlu diketahui bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah bagian penting dari menjaga kesehatan tubuh secara umum, banyak diantara kita yang masih menganggap kesehatan gigi dan mulut terpisah dari kesehatan tubuh, padahal gigi dan mulut adalah bagian dari organ yang digunakan untuk mencerna dan melumat makanan, sehingga sebenarnya ia sama pentingnya dengan kesehatan tubuh.
Keluhan-keluhan yang muncul pada gigi dan mulut bagi kita dianggap tidak penting dan sepele, namun jika bagian tubuh yang lain yang mengalami masalah maka dengan cepat kita akan memperhatikan dan merespon dengan cepat untuk mengobati, bila terjadi keluhan penyakit. Gigi dan mulut sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara umum, kadang jika terjadi gangguan atau keluhan pada gigi dan mulut maka sebenarnya hal tersebut mewakili dari keadaan kesehatan tubuh secara umum, misalnya beberapa hubungan penyakit gigi dan mulut dengan munculnya penyakit-penyakit yang umum diderita.

Jika kita dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, maka dapat dipastikan kondisi tubuh secara umum dapat terjaga pula, beberapa penelitian telah menunujukkan bahwa keadaan gigi dan mulut sangat terkait dengan kesehatan fisik kita. Berikut, adalah beberapa penyakit gigi mulut yang berhubungan dengan kesehatan secara umum.

Kesehatan gigi dan mulut dengan diabetes (penyakit gula)
Beberapa penelitian di bidang kesehatan gigi dan mulut menjelaskan bahwa penderita penyakit jaringan gusi (periodontal) memiliki resiko 2 kali lebih besar menderita penyakit gula, atau yang lebih akrab di masyarakat disebut penyakit kencing manis. Penelitian lebih lanjut juga menemukan bahwa penyakit gusi menyebabkan penyakit diabetes (masih perlu penelitian lebih lanjut). Jika misalnya keadaan penyakit infeksi (penyakit gusi) memburuk maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya peradangan ringan, peradangan ini diketahui dapat menganggu proses pengolahan gula dalam tubuh, karena itu selalu dianjurkan oleh para pakar kesehatan untuk berkunjung ke dokter gigi saat memiliki penyakit sistemik seperti diabetes ini.

Penyakit gusi dengan kanker pankreas
Survei dan penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menderita penyakit jaringan gusi , atau penyakit periodontal memiliki kemungkinan yang lebih besar menderita risiko kanker pankreas. Hal ini mungkin disebabkan karena peradangan sistemik atau tingkat yang lebih besar senyawa karsinogenik yang dihasilkan dalam mulut yang mengalami peradangan (memiliki penyakit gusi)

Penyakit gusi (periodontal) dan komplikasi pada kehamilan.
Ibu hamil yang menderita penyakit gusi (penyakit periodontal) memiliki resiko komplikasi pada kehamilannya, efek yang paling buruk adalah bayi yang dilahirkannya dapat lahir dengan berat badan yang rendah, permatur, dan lahir lebih cepat. Terdapat beberapa penelitian yang memperlihatkan bahwa wanita yang memiliki penyakit gusi pada saat usia kehamilan pada minggu 21-24 maka kemungkinan mereka akan melahirkan sebelum minggu ke-37, singkatnya bayi akan lahir lebih cepat, premature. Ada bakteri dalam penyakit gusi yang memiliki hubungan dengan berat badan bayi lahir rendah. Karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, terutama pada mereka ibu hamil.

Hubungan kesehatan gigi dan mulut dengan penyakit jantung
Ada banyak penelitian yang selalu menghubungkan antara kesehatan gigi dan mulut dengan penyakit jantung, beberapa faktor seperti usia tua, merokok berkaitan erat dengan kesehatan mulut dan penyakit jantung. Lalu bagaimana masalah pada gig dan mulut dapat berujung pada masalah penykit jantung? Bentuk hubungannya dijelaskan dengan adanya sejumlah bakteri jahat mulut yang mengalami infeksi, bakteri ini kemudian masuk kedalam aliran darah yang menuju ke jantung, lalu pada akhirnya melakukan mekanisme penghambatan pada pembuluh darah jantung. Bukti adanya bakteri yang terdapat di saku gusi yang ditemukan di pembuluh darah jantung telah menjadi cuckup bukti bahwa bakteri dapat ditransfer dari gigi dan mulut hingga jantung dan menyebabkan resiko yang sangat berbahaya.
Walaupun beberapa hasil penelitian yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut diatas cenderung masih dalam batasan yang jauh dan mungkin saja tidak tampak ril terjadi di depan mata kita, maka sebaiknya kita melakukan upaya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut kita sendiri. Prinsip “mencegah” lebih baik daripada “mengobati” adalah hal yang sederhana dapat kita lakukan. Tindakan ini akan mengurangi resiko terjadinya penyakit-penyakit yang disebutkan diatas (diabetes mellitus, kanker panreas, dan penyakit jantung). Ketika kita mampu mencegah hal tersebut di atas maka kita akan dapat menjaga kesehatan tubuh kita secara umum.

Jadi Jagalah Kesehatan Gigi dan Mulut Anda Yaa....

0 komentar: